Rabu, 02 Juli 2014

Corat-Coret Konyol Menjelang Pilpres 9 Juli

Gontok-gontokan, saling menyudutkan, dan tak jarang saling berkelahi antara satu dengan lainnya. Itulah yang tengah terjadi di negeri ini menjelang pesta demokrasi tanggal 9 Juli nanti. Mereka yang mengaku pendukung masing-masing capres-cawapres berlaku seperti itu, mereka tak jauh berbeda dengan anak kecil. Seolah-olah capres-cawapres yang mereka dukung adalah manusia pemimpin sempurna di negeri ini. Bisa dibilang bahwa mereka terlalu fanatik, bahkan ekstrem dalam hal dukung mendukung ini. Hanya satu yang dikhawatirkan dalam kondisi ini, yaitu tidak adanya kata “legowo” dan “”ikhlas” dalam menerima kekalahan capres-cawapres yang didukungnya kelak. “Anarkis”, itulah satu kata yang paling dikhawatirkan setelah tanggal 9 Juli kelak, menjadi chaos dan akhirnya Indonesia pecah di tahun 2015 seperti yang diprediksi oleh Direktur Utama Komite Perdamaian Dunia (The World Peace Committe), Djuyoto Suntani.

Indonesia pecah lantaran tidak ada figur seperti Soekarno di masa silam yang mampu meredam keinginan masing-masing kelompok. Saat ini sudah semakin terlihat, setiap dan masing-masing kelompok merasa mempunyai keinginan yang ingin mereka munculkan di negeri ini, dan mereka tidak mau mengalah atau bertoleransi terhadap kelompok lain. Mungkin bisa dibilang, negeri ini menjadi rebutan antar kelompok. Apa yang membuat negeri ini ibarat kue bolu?, tentu jawaban yang umum adalah sumber daya alamnya. Untuk mendapatkan itu semua tentunya dengan satu kata, yakni “kekuasaan”.

Saya pribadi masih meyakini sampai detik ini bahwa di belakang setiap calon pemimpin tertinggi pasti ada kelompok-kelompok yang ingin eksis nantinya ketika calon pemimpin menjadi pemimpin tertinggi negeri ini dan mereka akan mendapatkan jatah kekuasaan dalam skala yang lebih kecil. Atau bahkan mereka mampu “meracuni” pemimpin tertinggi sehingga mereka mendapatkan jatah dalam skala besar.

Perihal pemilihan capres-cawapres saat ini, sudah terlihat bagaimana kelakuan kelompok-kelompok pendukungnya, ada yang bilang kampanye hitam lah ada yang bilang menyesatkan lah. Mayoritas dari mereka merasa dizolimi ketika capres-cawapres yang mereka dukung ditelanjangi di muka umum. Ada yang beranggapan bahwa memilih salah satu pasangan capres-cawapres adalah haram hukumnya. Ada yang mengaitkan dengan fasisme, komunisme, dan lain sebagainya. Buruknya adalah tataran akar rumput juga ikut terjebak dalam kondisi seperti ini, bahkan bentrokan antar mereka juga kerap terjadi. Menurut saya, ini adalah kondisi yang sangat menjijikkan di negeri ini. Pertanyaan yang ada di benak adalah kenapa masyarakat tidak dibuat pandai politik oleh mereka yang menguasai perihal politik?

Ada yang bilang, jika kita ingin melihat kelihaian seorang calon pemimpin maka berikanlah kesempatan memimpin. Kedua pasang capres-cawapres adalah manusia Indonesia ideal saat ini untuk menjadi pemimpin tertinggi. Sebuah gagasan konyol tiba-tiba muncul dari pikiran yang sadar, bagaimana jika republik ini dibagi saja (bukan dipecah) menjadi dua bagian, satu bagian dipimpin oleh capres-cawapres nomor urut satu, dan satu bagian lagi dipimpin oleh capres-cawapres nomor uurut dua. Dengan begitu maka gontok-gontokan dan perang urat syaraf dapat terhindarkan. Selama memimpin, rakyat masing-masing presiden-wakil presiden akan dengan jelas mengetahui kelihaian kepemimpinan pemimpin yang mereka dukung. Jika tidak sesuai harapan mereka boleh saling berpindah. Dan akhirnya rakyat bisa membandingkannya. Sebuah gagasan konyol untuk menyongsong Indonesia yang semakin abu-abu.

Harapan pasti tetap ada, semoga pemimpin tertinggi yang terpilih pada tanggal 9 Juli nanti adalah pemimpin yang dapat menjadi figur pemersatu bangsa, jujur, amanah, tegas, mampu menjaga ke-bhinneka-an dan kearifan lokal, mampu menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, mampu mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia, serta kebal dari “racun” kelompok-kelompok di belakangnya dan “racun” dari koalisinya.


Selamat berpesta demokrasi untuk bangsa Indonesia, semoga Indonesia tidak pecah menjadi 17 negara bagian di tahun 2015. Tulisan ini hanyalah sekedar corat-coret dan mohon untuk tidak ditanggapi serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar