Jumat, 06 Mei 2011

Bangsa Jawa Penakluk Dunia di Masa Lampau

Bangsa nusantara menaklukkan bangsa-bangsa di dunia?, hmm, kedengarannya seperti pertanyaan yang aneh dan mungkin orang-orang yang mendengarnya akan tertawa lantang. Yang terpikirkan di benak sebagian besar masyarakat (kususnya masyarakat Indonesia) mungkin adalah "mana mungkin bangsa ini mampu menaklukkan dunia, lha wong kompetisi sepak bola di regional asia tenggara aja seperti itu". Nampaknya memang seperti mengada-ada. Namun, jika mencermati relief-relief yang terukir di candi Cetho dan Penataran, mungkin pemikiran selama ini yang mengatakan "itu adalah hal yang mustahil meskipun di masa lampau" akan berubah menjadi kekaguman dan jangan salahkan ketika bergumam, "luar biasa, sebuah sejarah yang belum terungkap".

Candi Cetho yang terletak di gunung Lawu dan candi Penataran di Blitar mungkin merupakan candi yang masih menyimpan misteri dan menunggu untuk diungkap kemisteriusannya. Banyak blog yang mengulas tentang misteri dan keunikan dua candi ini. Unik dan misterius, sebab menceritakan tentang bangsa Jawa (nusantara) yang menaklukkan dunia. Betapa hebatnya nusantara kala itu, penaklukan yang kemudian disertai dengan pengangkatan bangsa Jawa sebagai pemimpin dunia. Mungkin cerita semacam itu bukan hanya terdapat di kedua candi yang lokasinya berjauhan tersebut. Kemungkinan masih banyak candi-candi yang menceritakan kisah bangsa jawa menaklukkan bangsa-bangsa di dunia. Sangat menarik untuk dikaji.

Sepertinya yang masih belum bisa terungkap adalah hubungan antara kebudayaan bangsa-bangsa di Amerika latin kala itu dengan kebudayaan Jawa. Karena benar-benar terdapat suatu kemiripan sarana budayanya, seperti bangunan candi. Betapa hebatnya sejarah masa lampau 

1 komentar: